PENGUATAN DAN PENDAMPINGAN PENANGANAN STUNTING BAGI GURU PAUD KOTA BIMA

  • DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
  • Kamis, 09 November 2023

Kamis, 9 November 2023

Dilaksanakan di Aula TK Negeri Pembina 01 Raba, Bidang Pembinaan PAUD dan PNF melalui seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan melaksanakan kegiatan Penguatan dan Pendampingan Penanganan Stunting bagi Guru PAUD Kota Bima.

Kegiatan penguatan ini adalah tindaklanjut dari kegiatan Pelatihan Calon Pelatih Stunting bagi Guru PAUD yang dilaksanakan pada 2022 lalu. Menurut Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Dikpora Kota Bima output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan  rangsangan kepada Satuan PAUD se-Kota Bima agar mau berpartisipasi aktif berperan dalam konvergensi Stunting di Kota Bima, Guru PAUD bisa memahami tentang Stunting dan menjadi fasilitator Stunting di Kelurahan masing-masing, dan Guru PAUD sebagai peserta kedepannya diharapkan menjadi Kader Stunting di Kelurahan masing-masing dengan melakukan sosialisasi dan pengimbasan tentang Stunting di masyarakat maupun di Satuan Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, bapak Drs. Supratman, M.AP membuka langsung kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya  beliau menyampaikan bahwa Penurunan Stunting adalah tugas penting yang merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan ini telah menjadi program nasional yang ditindaklanjuti oleh Penjabat Walikota Bima sehingga menjadi tugas prioritas. Oleh karena itu kita selaku staf dari Walikota harus merespon dan menindaklanjuti permasalah stunting ini. Ada 5 (lima)  Strategi Penurunan Stunting yang diamanatkan pula oleh Wakil Presiden kita diantaranya terkait (1) Komitmen dan Visi Kepemimpinan; (2) Kampanye Nasional dan Komunikasi Perubahan Perilaku; (3) Konvergensi, Koordinasi, dan Konsolidasi Program Pusat, Daerah, dan Desa; (4) Ketahanan Pangan dan Gizi; dan (5) Pemantauan dan Evaluasi. Harapan saya ikuti dan simak baik-baik yang disampaikan oleh narasumber sebagai bekal mengedukasi masyarakat terutama di Satuan Pendidikan masing-masing. 

Narasumber pada kegiatan Penguatan dan Pendampingan ini adalah ibu Sri Rahayuningsih, ST., MT dari Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Bima dan Ibu Henny Kurniawati, S.Pd Pelatih Stunting dari Guru PAUD Kota Bima yang telah dilatih khusus oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  

Hadir pada kegiatan Kasi PTK Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Pengawas TK dan Penilik. (7)